Jumat, 30 Januari 2009

Cara Membuat Blog Dengan Menggunakan Blogspot

Sebelumnya, saya sarankan kepada Anda untuk membuat account GMAIL terlebih dahulu untuk mempermudah Anda dalam melakukan pendaftaran atau setting blog Anda di kemudian hari. Ini dikarenakan BLOGGER adalah Blog Hosting yang dimiliki oleh GOOGLE dan layanan Google Mail atau disingkat GMAIL memiliki banyak keterkaitan dengan BLOGGER. Bagi Anda yang sudah memiliki account GMAIL, gunakan alamat e-mail Anda tersebut untuk mendaftarkan blog anda di BLOGGER. Tapi tidak menjadi masalah jika Anda tetap ingin menggunakan alamat e-mail selain GMAIL.


Langkah pertama, arahkan browser Anda menuju alamat www.blogger.com dan Anda akan menjumpai layar yang seperti ini:

Klik pada tulisan "CIPTAKAN BLOG ANDA"


Langkah kedua, tentukan judul blog Anda. Biasanya berkaitan dengan isi yang ingin Anda masukkan nanti ke dalam Blog Anda, seperti misalnya Anda ingin menulis tentang kegiatan Anda sehari-hari, Anda bisa memberi judul blog Anda dengan kata "My Diary".

kemudian beri nama yang Anda inginkan untuk blog Anda. Seperti misalnya "blogspotbeginner", sehingga nantinya blog Anda akan memiliki alamat seperti ini: http://www.blogspotbeginner.blogspot.com/.
Kemudian klik "LANJUTKAN".


Langkah ketiga, pilih sebuah template yang Anda inginkan untuk tampilan blog Anda.

Template adalah sebuah rancangan tampilan yang sudah disediakan oleh Blogger untuk memudahkan Anda menentukan seperti apa bentuk tampilan blog Anda. termasuk tata letak, warna, dan jenis tulisan/font yang digunakan. Kira-kira seperti tema/themes/layout pada friendster Anda. Nantinya template ini dapat diubah sesuka hati Anda, dan akan dibahas pada posting yang berikutnya.

Setelah memilih template, klik "LANJUTKAN".


Langkah keempat, memulai sebuah artikel untuk blog Anda.

Anda bisa menulis apa saja sebagai artikel pertama untuk blog Anda. Bisa juga dengan meng-copy tulisan lain kemudian mem-paste nya di kotak posting. Berikan judul untuk postingan Anda, dan jika Anda menginginkan agar posting Anda tersebut memiliki sebuah "katagori", misalnya "Kegiatan Malam Hari", Anda bisa menambahkan label di kolom "Label untuk entri ini". Label berfungsi untuk mengelompokkan tulisan-tulisan (posting) Anda ke dalam katagori tertentu untuk memudahkan pencarian.
Kemudian klik "TERBITKAN ENTRI"


Apabila berhasil, maka akan muncul layar seperti ini:


Dan, selamat. Anda kini memiliki sebuah BLOG!!!
Welcome to the "Blogging World", you are now a part of the "Bloggers Community".
Silakan melihat-lihat blog baru Anda dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar di blog ini.

Terima kasih.



*penulis sendiri adalah orang awam dalam dunia blogging, jadi mohon maaf apabila ada WebMaster, BlogMaster, atau pakar internet lainnya yang berkunjung di blog ini.

1 komentar: