Jumat, 06 Februari 2009

SEO (Search Engine Optimalization): Optimalisasi Mesin Pencari


Search Engine Optimization (SEO) atau dalam bahasa Indonesia, "Optimalisasi Mesin Pencari", adalah sebuah proses untuk meningkatkan volume dan kualitas dari traffic (kunjungan) ke sebuah situs yang berasal dari mesin pencari dengan cara yang alami baik organis (melalui isi dan tampilan situs) ataupun algoritma (rumus-rumus tertentu) hasil pencarian. Biasanya, semakin tinggi peringkat halaman sebuah situs (semakin awal situs tersebut muncul dalam daftar hasil pencarian), maka akan semakin banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari. SEO juga menyasar berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian situs berbahasa lokal, dari berbagai jenis mesin pencari.

Sebagai sebuah strategi pemasaran berbasis internet, SEO meneliti tentang bagaimana mesin pencari bekerja dan apa saja yang dicari oleh orang-orang. Mengoptimalkan sebuah situs utamanya melibatkan penyusunan isi dan tampilan situs serta memberi kode, keduanya untuk meningkatkan relevansi atau hubungan kepada beberapa kata kunci pencarian dan menyingkirkan penghalang dari kegiatan mesin pencari mengindeks (membuat daftar situs berdasarkan kata kunci)

Akronim "SEO" juga dapat berarti "search engine optimizers" (alat untuk mengoptimalkan mesin pencari), karena SEO yang efektif memerlukan beberapa perubahan dari sumber kode HTML dari sebuah situs. Kosa kata "search engine friendly" (mudah ditemukan oleh mesin pencari) seringkali digunakan untuk menjelaskan tentang bagaimana merancang tampilan sebuah situ, menyusun menu, dan mengatur sistem content (isi) dan penawaran produk.

Sebuah teknik yang lain, atau biasa disebut dengan black hat SEO (Spamdexing), menggunakan metode seperti misalnya ribuan link dan penggemukan kata kunci yang mengurangi keterkaitan dari hasil pencarian dengan apa yang dicari oleh pengguna mesin pencari. Mesin pencari mencari situs-situs yang menggunakan teknik ini agar dapat menyingkirkannya dari daftar (index) mereka.

*disadur dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar