Sabtu, 31 Januari 2009

Cara Menambahkan Gadgets di Sidebar Blog

Lihat di sebelah kanan (sidebar) tampilan blog Anda, ada beberapa alat-alat (gadgets) yang membantu Anda untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu seperti misalnya menampilkan daftar pengunjung yang mengikuti blog Anda, mengelompokkan tulisan-tulisan Anda berdasarkan tanggal/bulan penerbitannya, atau memberitahukan tentang profil blogger Anda. Gadgets tersebut dapat ditambahkan atau dihilangkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Blogger sendiri telah menyediakan beberapa Gadgets yang dapat langsung Anda tambahkan ke dalam blog Anda. Selain Gadgets yang disediakan oleh blogger tersebut, terdapat banyak sekali variasi Gadgets untuk sidebar yang dibuat oleh ilmuwan-ilmuwan blog di seluruh dunia. Anda bisa menelusurinya melalui search engine, seperti google, misalnya dengan mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan Gadgets dan sidebar.

Berikut ini adalah cara mudah untuk menambahkan Gadgets di sidebar blog Anda dengan menggunakan pilihan yang sudah disediakan oleh Blogger.


Langkah pertama, setelah login ke akun blogger Anda, Anda akan dibawa menuju dasbor blog Anda, dimana terdapat berbagai menu untuk merubah profil Anda, memposting tulisan (entri) baru Anda, merubah posting Anda yang sebelumnya (edit entri), merubah setting blog Anda, atau mengubah tampilan blog Anda (tata letak).


Klik pada menu tata letak.


Akan muncul layar seperti berikut:

Klik pada menu "Tambah Gadget".

kemudian akan muncul pop-up seperti ini:

Langkah kedua, tentukan gadget apa yang ingin Anda tambahkan. Sebagai contoh, klik tanda "+" di sebelah kanan menu "Daftar Blog" untuk menambahkan gadget yang menampilkan informasi tentang blog favorit yang sering Anda kunjungi.

Pop-up kedua akan muncul seperti ini:

Beri centang pada info mengenai blog favorite Anda yang ingin ditampilkan di gadget Anda, kemudian klik "Tambahkan Blog ke Daftar Anda".

Akan muncul pop-up seperti ini:

Masukkan alamat blog yang ingin ditampilkan di Daftar Blog Anda. Contohnya jika Anda ingin memasukkan blog ini di daftar blog Anda, ketik alamat "http://www.blogspotbeginner.blogspot.com" di kolom tersebut, kemudian klik "TAMBAH".

Apabila berhasil, maka pop-up akan kembali ke layar sebelumnya dengan nama blog favorit yang sudah ditambahkan, klik "SIMPAN" untuk menyelesaikan gadget Daftar Blog Anda.


Akan muncul tulisan "Elemen berhasil ditambahkan, Lihat Blog". Dan di Navbar (menu navigasi) Anda telah muncul gadget yang baru saja Anda tambahkan, yakni Daftar Blog Saya



silakan lihat halaman utama blog Anda dengan mengeksekusi link Lihat Blog


dan congratulations, U are now have your first made gadget on your blog's sidebar.

Find another cool gadgets by searching them in others webs.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar